ProSavage8 KM266, membeku ketika X di matikan

Beberapa waktu lalu saya telah berhasil memasang FreeBSD 6.3 di pc rakitan dengan selamat sampai tujuan. Karena pc ini rencananya akan saya pergunakan sebagai desktop sehari-hari, maka tentu saja X harus diaktifkan, adapun kendalanya adalah ketika mencoba mengaktifkan X prosesnya berjalan lama dan membutuhkan sumber daya cpu yang tinggi (hingga 80%), namun parahnya ketika X dimatikan ternyata mengakibatkan system jadi membeku dan (kalau lagi beruntung) akan menampilkan karakter aneh di layar. X sendiri berhasil diaktifkan tanpa kendala, mouse pointer juga berfungsi dengan baik.

Saya langsung berasumsi masalah ada di X server yang berhubungan langsung dengan adapter grafis, ketika saya periksa xorg.conf, driver yang dipergunakan adalah vesa, untuk mouse dan keyboard tidak ada masalah. Pada catatan Xorg.0.log juga tidak ada pesan error yang berarti. perangkat keras saya menggunakan kartu grafis terintegrasi VT8375 (ProSavage 8 KM 266/KL 266), di ubuntu 7.04 berjalan dengan lancar.


Karena driver yang dipergunakan adalah vesa, maka saya ingin mencoba driver lain seperti savage, anehnya malah tidak ada drivernya di system. Saya mencari di google untuk masalah ini dan menemukan solusi di http://www.freebsd.org/cgi/query-pr.cgi?pr=99645

Jadi ini adalah masalah driver pada kartu grafis ProSavage 8 KM tersebut. solusinya, karena kebetulan saya menggunakan FreeBSD 6.3, adalah dengan memasang driver xf86-video-savage, informasinya di http://www.freshports.org/x11-drivers/xf86-video-savage/

Setelah menggunakan driver savage di xorg.conf, maka X dapat dimulai dengan lebih cepat dan dengan beban cpu lebih kecil serta tidak adalagi masalah system membeku pada saat mematikan X, (semoga saja).

This entry was posted in Information Technology, my life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *