Kirim Duit pakai Western Union

yeah, beberapa waktu yang lalu saya bertransaksi dengan sebuah toko di US yang menjual pernak-pernik The Nigthmare Before Christmas, ternyata mereka mau mengirim ke indonesia dan pembayaran dapat dilakukan melalui Western Union.

Western Union Logo

Western Union Logo

saya kemudian melakukan survei melalui telpon terhadap 3 bank besar yang lokasinya dekat dengan saya berada yaitu di sekitar jalan Angkasa Kemayoran, info yang saya ingin tau adalah berapa biaya yang harus saya bayar untuk pengirim sejumlah USD75 jika menggunakan western union.

BII, Bank Internasional Indonesia, cukup tanggap, mereka dapat memberikan info tersebut, yaitu biaya sebesar Rp. 112.500,-

BRI, Bank Rakyat Indonesia, terkesan mempersulit, mereka tidak bisa memberikan info tersebut dengan alasan biayanya akan diberitahu setelah kita melakukan transaksi, well, menurutku ini omong kosong, mengapa bank lain bisa memberi info dan mereka tidak.

BM, Bank Mandiri, sama dengan BII, dapat memberikan info biaya yang saya inginkan yaitu sebesar Rp. 112.500,-, walaupun agak sedikit berbelit-belit, namun jauh lebih baik dari BRI.

kesimpulan:

biaya pengiriman USD75 ke US menggunakan Western Union adalah sebesar Rp. 112.500,- dan kita harus membayarkan ke bank dalam nilai Rupiah. saya memutuskan ke BII saja, karena layanan pelanggannya jauh lebih baik.

ada juga pengalaman lain, yaitu MTCN yang kita dapatkan dan dapat di lihat status nya di situs western union tidak bekerja sama sekali, ketika saya konfirmasikan ulang ke pihak BII, mereka minta saya tunggu kabar dari penerima di US apakah kiriman duit nya sampai apa tidak, dengan kata lain, fasilitas Tracking di Western Union payah, tidak update, tidak ada beda nya dengan tracking di TIKI.

 

This entry was posted in my life, umum. Bookmark the permalink.

11 Responses to Kirim Duit pakai Western Union

  1. ulfi says:

    makasih infonya! berguna banget! 😀

  2. Riananandika says:

    Hi,
    Saya juga ada rencana mau beli something di toko US dan mereka juga bisa melayani pembayaran dengan Western Union.
    Apakah kita harus mengetahui no account toko tsb? Atau seperti apa ya? Maklum, awal banget soal ini. Thanks..

  3. riza says:

    kalau mereka melayani pembayaran dengan western union maka mereka akan berikan nama serta alamat penerima duitnya di sana.
    western union ini mirip dengan pengiriman menggunakan wesel pos, jadi hanya perlu nama dan alamat penerima tujuan.

  4. Rianandika says:

    Thanks ya, Bro..

  5. Antonio says:

    coba baca link ini bro…http://www.narakrisna.com/pengalaman-mencairkan-western-union-di-bri.html
    ada yg mengatakan biayanya ditentukan oleh pihak wu..
    lgpula mmg pihak wu kan yg mengirim uang..jd rate yg dikenakan juga beda2 thdp nominal pengiriman uangnya..

  6. ahmasun says:

    saya mau tanya, dalam waktu dekat ingin kirim uang ke afrika dengan western union. kira kira berapa ongkos kirim untuk kesana ? tks, mohon jawab by email

  7. Pinokio says:

    Makasih info yang berguna banget… thx thx thx…

  8. andri says:

    btul bgt,kirim 30 dollar ke brunai jg 112rb.
    mhal bgt,
    kirim 250rb plus biaya 112rb jd 360rb

  9. yuswo says:

    western union atau adminnya yg saraf, kirim cm 400rb kecina dimintai biaya 185rb lewat kantor pos.

  10. ita yunita sahoe says:

    maaf mau tanya, teman saya mau kirim uang dari istanbul ke indonesia via western union ke noreg BRI itu bisa ngak ya??? apa nanti aku ambilnya harus di western union, atau d bank BRI??? makasi

  11. site admin says:

    western union setau saya pengiriman duit secara langsung tanpa melalui nomor rekening bank manapun, western union dialamatkan ke penerima sesuai ktp dan bisa diambil di gerai bertanda western union misalnya di kantor pos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *