qpsmtpd + auth/vpopmaild

Bagaimana caranya memisahkan server mailbox email dengan server smtp? Ada beberapa cara, kebetulan saya harus menggunakan kombinasi antara qpsmtpd dengan auth ke vpopmail.

Jadi ada server email yang sudah jadi dengan menggunakan qmail + vpopmail (sebut saja mailbox), selain itu ada juga server smtp yang ingin menggunakan authentikasi user email yang ada di mailbox, dua server ini harus dapat saling berkomunikasi terutama agar user yang menggunakan smtp dapat terauthentikasi ke mailbox sehingga kemudian dapat mengirim email melalui smtp.

Saya sudah coba menggunakan plugin auth_vpopmail_sql qpsmtpd di smtp namun selalu tidak berhasil, saya telah mencoba berbagai macam kemungkinan yang ada namun tetap tidak berhasil. Akhirnya setelah iseng-iseng jalan ke mailing list nya qpsmtpd ternyata nemu plugin auth/vpopmaild yang tidak terpublish dimanapun. Plugin ini terkoneksi ke mailbox yang menjalan vpopmaild (ada juga sedikit cara testingnya di sini). Setelah mencoba ternyata plugin ini bekerja dengan baik sekali untuk authentikasi, silahkan coba 🙂

Update 28/01/2009:

Bisa juga pakai auth_imap 😉 

 

This entry was posted in Information Technology, my life. Bookmark the permalink.

One Response to qpsmtpd + auth/vpopmaild

  1. franker says:

    Sitenya keren bang. Tapi masih belum jelas nih. Kasih screenshot imagenya juga donk.

    Thanx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *