Boot cd install Linux lewat GRUB

Kemarin saya ditugaskan untuk memasang OS baru pada server lama (Pentium !!!), server ini kebetulan memiliki OS yang masih berfungsi dengan baik. OS baru yang akan dipasang adalah Linux Centos 5.4 sedang OS yang masih berjalan di server tersebut adalah Linux Redhat 7.2.

Kendala yang dihadapi adalah server ini tidak bisa boot lewat usb eksternal CD/DVDROM, sedang internal CD/DVDROM tidak ada. Hanya terpikir satu solusi masalah ini, yaitu pasang CD/DVDROM internal, namun tidak jadi berhubung rasanya malas bongkar-bongkar dan harus ambil CD/DVDROM dari komputer sendiri, jadinya 2 kali bongkar-bongkar, sangat tidak efisien :p

Kemudian kami menemukan petunjuk yang menjelaskan bahwa boot.iso untuk installasi OS Linux dapat dijalankan lewat grub, dengan cara ini kami tidak perlu bongkar-bongkar, cukup scp file boot.iso yang ukurannya kecil (skitar 8Mb) dan melakukan install lewat network dalam kasus kami dilakukan lewat http. Praktis, efisien dan ngga pake lama kan :)

This entry was posted in my life, technology information. Bookmark the permalink.

4 Responses to Boot cd install Linux lewat GRUB

  1. Ronald says:

    info yang bagus wak! makasih yo

  2. abdel says:

    mas, sering2 update dong,,, blog yg menarik,,, it jg adventurenya,,, sdg ngikuti jejakmu kang,,, TripleS 2 bulan ini,,, doakan ya,,,

  3. Pingback: Upgrade Wordpress | ahmad riza h nst, my history

  4. Yusliani Zendrato says:

    Assalamualaikum, mas/bang Riza, mudah2an masih ingat saya:), saya butuh bantuan terkait pekerjaan Linux yang dulu itu. Saya sudah kirim email ke alamat bang Riza, tapi semua alamat yang ada ga aktif lagi :P. Mohon bantuannya, ya, boleh saya kontak? Kemana?

    Terima kasih
    Nona Ani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>