Shark Fin Engine Cover, An Aero Trend For The Moment!

Andrian Newey sebagai salah seorang master aerodinamika memang sudah tidak diragukan lagi kepakarannya, salah satu karya pentingnya tahun ini adalah tutup mesin mirip sirip hiu atau yang lebih dikenal dengan shark fin engine cover. Menurut yang saya baca, tutup mesin ini memperbaiki kestabilan mobil ketika memasuki tikungan sehingga pembalap akan lebih percaya diri tanpa harus takut melintir karena mengalami gejala understeer.

Selain untuk membantu aerodinamika, tutup mesin ini juga sangat diminati karena memberikan tempat lebih luas untuk pemasang iklan :) Tidak heran kalau konsep ini menular hingga keluar F1, buktinya A1GP juga harus merubah tutup mesin pada mobil Ferrari barunya untuk kepentingan iklan dan tentu saja tanpa mengorbankan fungsi aero, tidak heran juga bagi Ferrari karena di F1 baru-baru ini mereka telah menguji coba tutup mesin ini.

Ferrari baru-baru ini mengujicoba engine cover baru, sedang redbull sebagai tim pertama yang menggunakan engine cover jenis sirip ini, setelah terbukti keampuhannya sirip ini banyak di tiru tim yang lain. 

 

Bahkan mobil baru A1GP juga menggunakan sirip ini, tak heran kerna Ferrari juga sepertinya akan menggunakan perangkat ini kemudian. 

This entry was posted in motorsports. Bookmark the permalink.

4 Responses to Shark Fin Engine Cover, An Aero Trend For The Moment!

  1. kaboelkhan says:

    Penggemar Ferrari juga toh.. :)

  2. riza says:

    aku bukan penggemar Ferrari bro, belum pernah bahkan di era Schumi sekalipun… :)

    tahun yang lalu-lalu aku penggemar Super Aguri, tim hebat yang malang 😐

  3. Motorsports says:

    kira2 prediksi untuk musim balapan taon ini team apa yang bakalan juara

  4. riza says:

    semuanya masih kabur, bahkan seri pertama di mugello sudah diundur…

    sepertinya semuanya merasa perlu waktu lebih lama untuk dapat menyesuaikan diri dengan mobil baru…

    seluruh tim berpeluang sama, namun yang memiliki peluang lebih besar tentu saja tim yang lebih siap baik dari sisi finansial maupun teknik :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>